Tentang Prodi

SEJARAH SINGKAT

Program Studi Teknik Informatika merupakan salah satu program studi jenjang sarjana (S1) di lingkungan Fakultas Teknik Universitas Tanjungpura, berdiri pada tanggal 18 mei 2014 dengan SK Dirjen DIKTI Nomor 1664/D/T/2004.

Saat ini penyelenggaraan Program Studi Teknik Informatika berdasarkan SK Penyelenggaraan Nomor 7325/D/T/K-N/2011 tanggal 6 Juni 2011, dan Terakreditasi C sesuai SK BAN-PT Nomor 097/SK/BAN-PT/Ak-XV/S/II/2013 tanggal 28 Februari 2013.

PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN

Dalam penyelenggaran pendidikan, Program Studi Teknik Informatika melakasanakan dua program pendidikan, yaitu program S1 Reguler A dan program S1 Reguler B (saat ini dikernal sebagai Program Percepatan Angka Partisipasi Kasar). Kedua program ini melaksanakan kurikulum pendidikan yang sama, hanya dibedakan waktu pelaksanaan. Program S1 Reguler A proses belajar mengajar dilaksanakan pada pukul 07.30 sampai dengan 16.00. Sedangkan Program S1 Reguler B proses belajar mengajar dilaksanakan pada pukul 16.00 sampai dengan 22.30.

Program Studi Teknik Informatika hingga saat ini masih menggunakan kurikulum berbasis isi (KBI) tahun 2007 dengan kurikulum revisi tahun 2009. Dalam mempersiapkan lulusannya untuk terjun di masyarakat sesuai dengan standar kompetensi kerja baik nasional maupun internasional, khususnya di bidang Informatika, Program Studi Teknik Informatika mempersyaratkan pembelajaran baik teori untuk penguasaan pengetahuan, praktik di laboratorium/lapangan untuk penguasaan kemampuan kerja (skills), maupun kecakapan hidup dan kemampuan manajerial. Untuk itu diperlukan revisi kurikulum dari KBI ke Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) sesuai dengan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI).

BIDANG KEAHLIAN

Bidang keahlian pada Program Studi Teknik Informatika adalah sebagai berikut:

  1. Pemograman, memberikan pengetahuan mengenai pengertian pemrograman, bahasa pemrograman dan keterampilan dalam perancangan dan pembuatan aplikasi berbasis desktop dan web.

  2. Komputasi, memberikan keterampilan penyusunan model matematika dan teknik penyelesaian numerik serta penggunaan komputer untuk menganalisis dan memecahkan masalah-masalah ilmu.

  3. Multimedia, memberikan keterampilan menggunakan komputer untuk menyajikan dan menggabungkan teks, suara dan gambar.

  4. SIG (Sistem Informasi Geografis), memberikan keterampilan dalam mendesain data-data spasial untuk menyatakan berbagai informasi berkaitan dengan lokasi, informasi kartografi dan teknologi.

  5. Jaringan Komputer, memberikan pengetahuan mengenai macam topologi, media dan infrastruktur jaringan komputer dan keterampilan dalam perancangan, pemanfaatan dan penggunaan struktur jaringan.


STRUKTUR ORGANISASI dan TATA KELOLA

BERITA TERKINI

Kunjungan Industri & Studi Program Studi Informatika Untan 2017 di Jakarta

04 Desember 2017

Pelatihan Indonesia Android Kejar 2017 di Prodi Informatika Untan

04 Desember 2017

Tim Prodi Informatika Untan Masuk 10 Besar Finalis Gemastik 10 Kategori e-Pemerintahan

04 Desember 2017