Kunjungan Industri & Studi Program Studi Informatika Untan 2017 di Jakarta

04 Desember 2017


Pelaksanaan pendidikan dan pengajaran adalah proses belajar mengajar, yang dapat dilakukan di dalam kelas dan di luar kelas. Di dalam kelas mahasiswa menerima ilmu pengetahuan dari dosen, sedangkan di luar kelas mahasiswa dapat belajar sendiri, dan dapat melakukan studi kasus di dunia usaha dan industri (DUDI).

Mekanisme pembelajaran studi kasus di lapangan kali ini dilaksanakan berbeda pada Program Studi Informatika yang dinamai Study Excursion, kegiatan kunjungan industri dan instansi serta kunjungan studi pada kampus serumpun di bidang teknologi informasi dengan mengangkat tema "Enhancing Information Technology Competency to Compete Globally". Adapun tempat yang dituju pada kegiatan ini adalah Jakarta Smart City (JSC), Perpustakaan Nasional RI, Universitas Indonesia, dan PT. Exabytes Networks Indonesia.










Pada hari pertama, kunjungan dilaksanakan di Jakarta Smart City (JSC) dan Perpusnas RI. Di JSC yang terletak di Balai Kota DKI Jakarta, mahasiswa diperlihatkan bagaimana pemanfaatan teknologi dapat digunakan untuk pengelolaan suatu kota menjadi lebih efektif dan efisien. Disitu mereka dapat melihat banyak aplikasi yang digunakan untuk memonitoring Kota Jakarta. Konsep Smart City sendiri merupakan topik yang sedang hangat dibicarakan di Indonesia.



Kemudian perjalanan dilanjutkan ke Perpusnas RI. Disana mahasiswa dapat melihat pemanfaatan teknologi dalam mengelola sebuah perpustakaan sehingga menjadikannya Smart Library. Adapun sistem yang digunakan dapat menunjang proses pendaftaran anggota, proses peminjaaman buku, serta pengarsipan nasional secara digital.



Hari kedua kegiatan dipusatkan di Universitas Indonesia khususnya Fakultas Ilmu Komputer (Fasilkom). Kunjungan Tim Prodi Informatika Untan diterima dengan sangat baik oleh pihak Fasilkom UI yang dalam hal ini diwakili oleh Ibu Siti Aminah, S.Kom, M.Kom selaku Manajer Pendidikan dan Kemahasiswaan. Adapun kegiatan selama disana terdiri dari sesi sharing mahasiswa & dosen, serta kunjungan ke berbagai lab yang ada disana.



Sebagai penutup kegiatan di hari terakhir, kunjungan dilaksanakan di PT. Exabytes Networks Indonesia. Hal ini dimaksudkan agar mahasiswa lebih mempunyai gambaran tentang dunia industri di bidang keinformatikaan setelah mereka lulus nantinya. Exabytes sendiri merupakan perusahaan yang bergerak di bidang jasa penyedia & penyewaan domain, hosting dan VPS. Mahasiswa yang berunutng juga diajak masuk ke Data Center yang berada di Gedung Cyber.









Kegiatan ini juga dirancang dengan konsep wisata, dimana tujuannya memberikan pengalaman kepada peserta hal-hal baru dalam industri dan dunia kerja yang sedang berlangsung melalui kegiatan kunjungan ini secara bersama-sama.

Kunjungan ini memiliki keterhubungan dengan matakuliah yang sedang berjalan di Program Studi Teknik Informatika semester gasal tahun ajaran 2017/2018 saat ini yaitu Matakuliah Technopreneurship dan Pemrograman Perangkat Bergerak sehingga peserta tidak hanya membayangkan tetapi dapat meilihat contoh nyata dalam merelealisasikan ilmu dan Kompetensi yang mereka dapatkan dan mereka miliki selama di bangku kuliah.

Kunjungan ini dibimbing oleh dua dosen yaitu Helen Sasty Pratiwi.,S.T.,M.Eng dan Enda Esyudha, S.T., M.T selaku pengampu matakuliah terkait. Kunjungan semacam ini menjadi pencetus dalam Prodi Informatika untuk kunjungan-kunjungan berikutnya.

BERITA LAINNYA

Lokakarya "Strategi Menuju Jurnal Terakreditasi" dan Syukuran Akreditas Jurnal JEPIN

02 Agustus 2018

Jurnal JEPIN Informatika Untan Berhasil Meraih Peringkat Akreditasi "B"

18 Juli 2018

Bakti Sosial Informatika di Pondok Pesantren & Panti Asuhan Hidayatul Muslimin Kubu Raya Kalimantan Barat

28 Mei 2018